PROFIL

PROFIL MAJELIS TA’LIM JALSATUL MUSTHOFA

Majelis Ta’lim yang berfungsi sebagai pembinaan dan pengembangan umat dengan segala aktifitasnya memiliki kedudukan yang sangat penting. Karena itu wajar saja bila dakwah nabi penuh dengan tantangan dan hambatan. Begitu pula dengan peristiwa hijrah nabi dan para sahabatnya ke Madinah, setiba disana yang pertama dilakukan oleh beliau secara fisik adalah membangun masjid dan menyatukan sahabat Anshor dan Al Muhajirin.

Kenyataan menunjukkan bahwa dakwah kita belum tepat sasaran sebagaimana mestinya. Bahkan begitu banyak persoalan yang terjadi sehingga kaum muslimin belum memperoleh pembinaan dari dakwah sebagaimana mestinya. Bahkan tidak sedikit Majelis Ta’lim yang akhirnya tidak makmur dan sepi aktifitas jamaah. Kondisi Majelis Ta’lim yang seperti ini tidak boleh kita biarkan terus berlangsung, karena akan berakibat negatif bagi kaum muslimin. Khususnya generasi muda yang akan menyongsong hari depan yang lebih baik.

Dengan latar belakang tersebut diatas diperlukan lembaga independent yang berfungsi untuk menghidupkan dan meningkatkan kualitas jamaah. Meskipun telah ada lembaga–lembaga sejenis yang memiliki cita–cita dan tujuan yang sama, namun untuk memperkayakan khasanah kelembagaan Majelis Ta’lim dengan segala dimensinya yang luas maka kami dirikanlah wadah yang diberi nama : ” JALSATUL MUSTHOFA ”.

LANDASAN

1. AL – QUR’AN

” Katakanlah jika kalian benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah aku, niscaya Allah mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalin, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. Ali Imron 3 : 31)

” Barang siapa menginginkan keuntungan di akhirat, akan Kami tambah keuntungan itu baginya, dan barang siapa menginginkan keuntungan di dunia, maka kami berikan padanya keuntungan dunia, dan tidak ada baginya satu bagianpun di akhirat ”. (QS. Asy Syura 42 : 20)

”....Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah, dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat keras hukumnya”. (QS. Al Hasyar 57 : 7)

2. AL – HADIST

Nabi SAW bersabda : ” Barang siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah akan memudahkan perjalannya menuju surga". (HR. Muslim, Ibnu Majah dan Ahmad)

VISI

1. Menjadi unsur dan wadah yang melahirkan konsep-konsep kajian ilmu pada masa kini dan mendatang
2. Menjadi wadah pelayan umat dalam menghadapi problematika dalam kehidupan sehari-hari khususnya masalah ubudiyah.

MISI

Berjuang untuk mengembalikan peran dan fungsi majelis Ta’lim sebagai pusat pembinaan dan pengembangan umat seperti pada masa Rasulullah SAW.

SIFAT

Majelis Ta’lim ini adalah wadah keislaman dakwah kemasyarakatan dan kekeluargaan bersifat independent dan tidak menjadi bagian atau berafiliasi kepada partai politik.

KEDUDUKAN

Majelis Ta’lim ini berkedudukan di Komplek Ciledug Indah II Blok E/15 No.24 Kel. Pedurenan, Tangerang dan sekitarnya.

TUJUAN

” KECINTAAN DAN KEGAIRAHAN UMAT TERHADAP NABI MUHAMMAD SAW DAN SEMANGAT DALAM MENGHIDUPKAN SUNNAH KETIKA ORANG-ORANG SEDANG LUPA SECARA KONSISTEN ”.

PROGRAM

1. Pengajian Malam Sabtu
2. Pengajian gabungan antar Majelis Ta’lim
3. Ziarah
4. Tafakur Alam
5. Gerakan Sholat Shubuh gabungan
6. Khotmul Qur’an
7. Peringatan Hari-hari Besar Islam
8. Membangun jaringan informasi dan kerjasama antar Majelis Ta’lim
9. Menengok orang sakit
10. Fardhu Kifayah

KEANGGOTAAN

Keanggotaan ini terbuka untuk seluruh muslimin dimanapun berada.

PENUTUP

Demikianlah gambaran secara umum tentang Majelis Ta’lim Jalsatul Musthofa, partisipasi aktif kaum muslimin semoga Allah meridhoinya, Amin.

Pembina,



Habib Ahmad Shahab

Penasehat 1,



Habib Alwi Shahab

Penasehat 2,



Ust. H. Abdullah Yasin

Penasehat 3,



Ust. H. Fakhrurrozi

Penasehat 4,



Ust. H. Mizan


Ketua,



Ust. H. M. Yasin Ayatullah

Sekretaris,



Dading Hasanudin

2 Responses:

muchlis mengatakan...

Ada kah yg bersedia mengajarkan baca al'quran.no hp saya 087880854474.terimakasih

Unknown mengatakan...

Ada,dimana lokasinya